Cara Beternak Ayam Joper Untuk Para Pemula Agar Untung Dan Cepat Panen

Cara Ternak Ayam Joper - Ayam Joper adalah singkatan dari Ayam Jawa Super. Ayam Joper sendiri adalah hasil kawin silang antara pejantan ayam kampung dengan betina ayam petelur. Nama lain ayam joper ialah ayam jawa super, ayam kampung super, ayam kamper serta beberapa macam nama lainnya tergantung daerah masing-masing. Beternak ayam Joper sekarang sedang menjadi topik yang ramai diperbindangkan di kalangan masyarakat khususnya para pelaku bisnis.

Sumber: @familypoultry via Instagram
Banyak keuntungan yang bisa didapat dari usaha ternak ayam Joper ini. Salah satunya ayam Joper punya potensi pertumbuhan yang lebih cepat ketimbang ayam kampung biasa sampai-sampai masa panennya juga lebih cepat, harga jual ayam Joper di pasaran cenderung agak tinggi tinggi serta cukup stabil sehingga dapat memberi keuntungan lebih bagi para peternak. 

Kelebihan daripada ayam Joper ini tidak muncul begitu saja. Akan tetapi karena sifat asli dari indukannya yaitu ayam broiler serta ayam kampung atau ayam lokal. Ayam broiler punya pertumbuhan yang jauh lebihcepat serta daging yang lebih gemuk. Ayam broiler ini banyak dipasarkan di pasaran buat konsumsi sehari-hari maupun usaha rumah makan. 

Sedangkan untuk ayam kampung sendiri populer dengan rasa dagingnya yang sangatlah enak serta mempunyai ketahanan tubuh lebih tinggi dari beragam jenis penyakit unggas. Jadi tidak heran bila keunggulan-keunggulan itu lantas menyatu dalam spesies baru, yaitu ayam Joper sehingga patut dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. 

Cukup banyak masyarakat yang selanjutnya tertarik buat terjun dalam usaha ternak ayam Joper. Beternak ayam Joper pada dasarnya tidaklah terlalu sulit. Anda sebagai pemula pun tentunya juga dapat melakukannya. Akan tetapi memang diperlukan usaha keras serta ketekunan dalam memeliharanya. Nah, bagaimanakah cara beternak ayam Joper yang benar, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Mudah Beternak Ayam Joper Agar Sukses
Di bawah ini cara beternak ayam Joper yang bisa anda gunakan sebagai referensi Anda sebagai pemula buat mengawali usaha ternak ayam Joper: 

1. Kandang & Peralatannya 
  • Pemanas 
Untuk DOC ayam dengan jumlah sekitar 100-300 ekor cukup memakai lampu bohlam ukuran 100 watt, per 100 ekor 1 bohlam 
  • Tempat Pakan 
Untuk tempat pakan sendiri, lebih baik memakai yang ukuran kecil, tetapi dengan jumlah yang lebih banyak tentunya, supaya ayam bisa memperoleh pakan secara lebih merata serta tidak rebutan dengan ayam lainnya.  
  • Tempat Minum 
Sama dengan tempat pakan, lebih baik memakai ukuran kecil tetapi jumlahnya lebih banyak ketimbang yang berukuran besar.

Untuk ayam yang masih anakan atau kecil, usahakan tempat minum diberikan kerikil atau batu kecil-kecil agar ayam hanya dapat mengambil minum saja, tanpa harus masuk ke tempat minum (Apabila ayam kerap masuk ke tempat minum, dikuatirkan terserang virus atau barangkali akan mengalami kedinginan, hingga menyebabkan kematian bagi ayam sendiri
  • Ukuran kandang 
Untuk masa grower, 2 meter persegi telah cukup buat 100 ekor ayam, nanti semakin lama semakin bertambah besar ukuran ayam, pindahkan ke kandang yang ukurannya lebih besar tentunya, agar pertumbuhan ayam tidak terganggu. 

Untuk ukuran rata rata, ayam joper usia 2 bulan per 1 m2 kandang, cukup untuk menampung 9-10 ekor ayam 
  • Lantai kandang 
Untuk masa Breeding sendiri, gunakanlah sekam lalu dicampur dengan pasir yang berguna buat menyerap kotoran serta supaya tidak berbau. Bisa juga dibawahnya diberi kertas koran 

Untuk masa pembesaran dan juga masa finisher, pindahkan ke kandang yang berukuran lebih luas serta yang mempunyai lantai kandang sekam dsn pasir yang lebih tebal tentunya.

2. Pemilihan Bibit Yang Baik
Keberhasilan beternak ayam joper, sangatlah tergantung dengan bibit ayam yang bagus. Apabila di persentasi, bibit menyumbang 40% keberhasilan beternak, Sebab seahli apapun peternak, jika mendapatkan bibit yang kurang bagus, dapat dipastikan bakal terjadi kegagalan dalam beternak. Anda bisa membeli bibit ayam ini di penyedia anakan yang sudah terpercaya dan jangan mudah tergoda dengan harga anakan yang jauh lebih murah.

3. Pemilihan Pakan Yang Tepat Dan Efisien
Yang seringkali di tanyakanlah oleh para peternak pemula ialah pakan yang digunakan itu apa dan juga kira kira keperluan pakannya sampai panen seberapa banyak. 

Pada umumnya, ayam joper menggunakan pakan seperti halnya ayam broiler. 

Karena ada beberapa tahap dalam pertumbuhan ayam : tahap starter, tahap pembesaran, tahap finisher.

Tiap tahap memerlukan kebutuhan nutrisi dan vitamin yang berbeda hingga keperluan pakannya juga berbeda.

Untuk tahap starter dapat memakai pakan starter seperti 511 dan lainnya.

Untuk tahap pembesaaran dapat memakai pakan pembesaran.

Untuk keperluan pakan dimulai dari usia 1-60 hari, per 100 ekor ayam joper memerlukan 2 kwintal / 4 karung pakan.

Untuk jumlah pakan yang dapat diberikan dilakukan sesuai dengan tingkatan umur ayam joper sendiri, yakni sebagai berikut: 7 gram per hari sampai berumur 1 minggu, 18 gram per hari sampai berumur 2 minggu, 35 per hari sampai berumur 3 minggu, 49 gram per hari sampai berumur 4 minggu, 58 gram per hari sampai berumur 5 minggu, 68 gram per hari sampai berumur 6 minggu, 72 gram per hari sampai berumur 7 minggu, 74 gram per minggu sampai berumur 8 minggu, 70 gram per hari sampai berumur 9 minggu keatas. Sementara untuk air minum diberikan secara ad libitum atau tidak terbatas dan harus tersedia terus menerus dan dalam tahap awal dicampur dengan antibiotika serta vitamin.

4. Persiapan DOC Saat Pertama Kali Datang 
Setelah kandang serta pakan siap, serta telah ada jadwal DOC pesanan anda dikirim, maka dari itu anda harus bersiap siap. Yang paling utama dan penting ialah memeriksa apakah pemanas, tempat pakan serta minum telah siap. Jika telah siap artinya kandang telah siap di isi DOC. 

Sebelum DOC datang anda harus mempersiapkan air gula merah, air gula ini nantinya bakal diberikan kepada ayam pertama kali setelah anakan ayam melalui perjalanan yang tentunya jauh dan membuat anak ayam stress. Maksud dari pemberian air gula merah ialah buat memulihkan tenaga ayam. Pemberian air gula ini cukup sekali saja, setelah 1/2 hingga 1 jam selanjutnya baru diberikan pakan dan juga minumnya. 

5. Masa Breeding 
Masa breeding ialah fase dimana ayam usia 1-10 harian. Pada fase ini ayam mesti dimanjakan, sebab sangat mempengaruhi fase setelah itu. Bila penanganan ayam di fase ini salah, maka akan mudah terjadi kematian atau jika tidak begitu pertumbuhan ayam di fase setelah itu akan sangat lambat. 

Pada masa ini yang paling penting ialah pemanas. Pemanas yang di pasang buat ayam mesti cukup. Jika ayam banyaknya 100-300 box cukup gunakan pemanas bohlam. Apabila ayam lebih dari itu disarankan memakai pemanas seperti kompor. Selama 1-10 harian, pemanas itu harus selalu dinyalakan. 

6. Masa Pembesaran 
Pada masa ini, ayam telah mulai dilepas di kandang umbaran atau kandang liter.  Ayam mesti di rawat sebaik dan setelaten mungkin, seperti pemberian pakan dan lainnya harus benar-benar teratur. Kebersihan kandang, tempat minum, tempat pakan mesti benar benar dijaga sebab amat mudah tersebar penyakit dari kandang yang kotor. Lebih baik lagi bila anda memiliki probiotik khusus buat kandang.

7. Masa Panen
Ayam joper dapat dipanen pada usia 60-75 hari, tergantung pada perawatan dan juga ingin dipanen pada berat berapakah. Anda harus sudah siap menyediakan bakul ayam apabila umur serta berat ayam dirasa telah memenuhi. Ingat, anda terlambat panen sekian hari saja bisa mempengaruhi hitungan, sebab pakan harus anda keluarkan untuk setiap harinya.

Itulah ulasan tentang Cara Beternak Ayam Joper buat Anda yang tertarik untuk mencobanya baik dilakukan secara sendiri atau bermitra. Pahami tiap langkahnya secara benar supaya Anda dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Bila Anda belum menguasai langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas secara baik, sebaiknya jangan anda mulai buat ternak ayam Joper. 

Jadi, Anda harus terlebih dulu kuasai materinya sebelum terjun ke lapangan secara langsung. Apabila di perjalanan bisnis Anda menjumpai kegagalan, jangan menyerah serta teruslah berupaya sampai berhasil dan menjadi peternak yang sukses.

Terima Kasih

0 Response to "Cara Beternak Ayam Joper Untuk Para Pemula Agar Untung Dan Cepat Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel