3 Ide Usaha yang Menguntungkan di Desa dengan Modal Sangat Kecil

Desa memang terkenal sebagia daerah yang begitu tertinggal. Sehingga, banyak peluang usaha yang bisa diperoleh dari wilayah itu. Pasalnya, banyak sekali informasi dan artikel yang sudah mengungkapkan perkara tersebut. Dimana, informasi dari artikel tentang itu dapat dilaksanakan serta diaplikasikan oleh seluruh orang. Baik itu remaja hingga orang dewasa. 


Meskipun banyak sekali ide usaha yang menguntungkan di desa dimana dapat dijadikan referensi utama. Namun, ada beberapa ide yang justru sangat sulit dilaksanakan. Pasalnya, ide bisnis itu mempunyai modal begitu besar sehingga sulit diaplikasikan oleh masyarakat biasa, dimana hanya mempunyai keuangan begitu kecil.

Ide Usaha Menguntungkan di Desa Bermodal Kecil
Walaupun beberapa ide usaha yang menguntungkan di desa sangat sulit dilakukan karena membutuhkan modal begitu besar. Namun, sebagian ide usaha justru hanya butuh modal kecil, berkeuntungan sangat besar. Sehingga peluang bisnis tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi usaha yang begitu menguntungkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah desa. Berikut adalah daftarnya:

1. Usaha Pertanian
Perdesaan memang sering digambarkan sebagai daerah yang sangat asri. Dimana air dan ekosistem di sana begitu baik. Sehingga, hal ini bisa mengindikasi bahwa tanah di suatu desa bisa jadi subur. Dan tentunya, dapat menjadi sebuah peluang usaha yang sangat tepat untuk dilakukan oleh seorang pengusaha pemula.

2. Usaha Peternakan
Ide usaha yang menguntungkan di desa kedua ialah usaha di bidang peternakan. Pasalnya, alam desa yang begitu asri ditambah dengan lahan subur mengakibatkan usaha peternakan sangatlah cocok untuk diterapkan. Untuk binatang ternak pun beragam, bisa meternakan hewan unggas, ruminansia bahkan hewan melata.

3. Usaha Sembako dan Pulsa
Bagi perdesaan yang memiliki akses ke internet, mungkin jualan pulsa serta bahan sembako bisa menjadi ide usaha yang menguntungkan di desa kedua. Penyebabnya ialah tingginya permintaan mengenai pulsa serta sembako tidak seimbang dengan suplai yang ada. Sehingga, bisnis di bidang ini dapat jadi sebuah ide bisnis yang mampu mendulang uang begitu banyak bagi para pelakunya.

Alasan Mesti Berbisnis di Desa
Memang, sebagian pengusaha memilih untuk membuka bisnis di daerah perkotaan. Dengan alasan, di kota memiliki berbagai macam fasilitas. Sebut saja jalan yang begitu memadai, koneksi internet yang ada di setiap harinya, listrik pun demikian, hingga kemudahan untuk melakukan transaksi internasional menjadi penyebab lain mengapa pengusaha di Indonesia memilh untuk berbisnis di daerah perkotaan.

Meskipun begitu, faktanya. Seorang pengusaha seharusnya membuka perusahaan mereka di desa. Karena, jika mereka membuka usahanya di daerah perdesaan. Terutama daerah tersebut masih agak terpencil dan sangat sulit diakses oleh warga sekitar. Mereka akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini. Keuntungan tersebut adalah :

1. Pesaing Bisnis Sangat Rendah
Jika seseorang yang membuka usaha di desa. Maka, mereka menemukan bahwa pesaing bisnis di sektor yang mereka tekuni tersebut sangat memiliki sedikit pesaing. Bahkan, bisa jadi pesaing di bisnis tersebut relatif tidak ada. Mengingat, di wilayah desa. Mayoritas masyarakat memilih bekerja sebagai petani atau peternak ketimbang yang lainnya.

2. Peluang Usaha Terbuka Lebar
Tidak hanya itu, di desa pun terdapat banyak sekali peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh seorang pengusaha untuk meningkatkan pendapatan perusahaan mereka. Alasannya adalah masyarakat desa cenderung kurang bisa memanfaatkan dan melihat peluang yang ada di desa mereka. Sehingga, ini bisa jadi kesempatan bagi seseorang untuk membuka usaha baru.

3. Tenaga Kerja Relatif Murah
Keuntungan selanjutnya yang didapatkan jika seorang pengusaha membuka bisnisnya di desa adalah tenaga kerja yang relatif murah. Bahkan bisa jadi, upah yang diberikan bisa jauh dari standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten. Sehingga hal ini tentunya dapat mengurangi biaya operasional suatu perusahaan.

4. Lahan Luas
Berbeda jauh dengan di kota. DImana, untuk mendapatkan lahan suatu usaha. Sebuah perusahaan mesti saling memperebutkannya. Di desa, pengusaha bisa mendapatkan lahan dalam jumlah yang luas. Tidak hanya itu, harga yang dikeluarkan untuk memperoleh lahan ini sangatlah murah. Tergantung dari keinginan warga setempat.

0 Response to "3 Ide Usaha yang Menguntungkan di Desa dengan Modal Sangat Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel