Alasan Mengapa Beternak Kelinci Bagi Peternak Pemula

Mengapa Beternak Kelinci - Berternak kelinci sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu prospek bisnis yang cukup menjanjikan lantaran kelinci bisa dengan mudah dipasarkan atau dijual pada sektor perdagangan industri seperti warung sate kelinci atupun restaurant. Sedangkan untuk jenis kelinci hias sendiri, akan lebih gampang untuk dipasarkan dengan cara memasarkan lewat media sosial sehingga tidak jarang seseorang berhasil memasarkan kelincinya hingga ke luar negeri. 


Tidak hanya keuntungan materi yang didapatkan, kandungan gizi pada kelinci pun sangat baik buat masa pertumbuhan anak. Satu diantara kandungan gizi yang paling mendominasi pada daging kelinci ialah jumlah protein yang lumayan banyak melebihi kandungan protein pada daging sapi, daging ayam dan juga daging kambing. Hal ini dikarenkan kandungan lemak yang terdapat pada daging kelinci sangat sedikit yaitu kurang lebih 8 %.

Bukan hanya protein saja, daging kelinci juga  kaya akan vitamin seperti vitamin B12, magnesium, vitamin B3 dan juga sebanyak 48 % memiliki fungsi sebagai anti oksidan dan kandungan fosfor sebanyak 22,4 %. 

Perawatan kelinci juga terbilang susah-susah gampang. Diperlukan ketrampilan dalam memeliharanya. Hal yang wajib diperhatikan dalam memelihara kelinci ialah:
  • Kandang yang senantiasa dibersihkan dan juga dijaga kebersihannnya, 
  • Pakan yang senantiasa tersedia sebagai satu diantara pemenuhan nutrisi buat kelinci,
  • Sebagai pelaku ternak kelinci, sudah semestinya hewan yang diternakkan diperhatikan kondisi kesehatannya. Akan tetapi, jika peternak mempunyai rasa malas dalam beternak kelinci maka dapat berdampak pada kualitas kelinci yang dihasilkan serta penghasilan yang didapat.  
Walaupun beternak kelinci dapat dikategorikan sebagai prospek bisnis yang menjanjikan, hingga saat ini ternak kelinci atau yang biasa disebut budidaya kelinci belum dikenal dengan luas di Indonesia. Bahkan juga masih terdapat banyak daerah yang memandang remeh usaha ternak kelinci ini. 

Walau sebenarnya dari sektor daging, kelinci dapat dikategorikan sebagai hewan ternak yang menghasilkan daging konsumsi dengan sangat cepat. Ditambah lagi apabila dikelola oleh seorang profesional, pasti akan jauh lebih baik hasil yang didapat. 

Karena itu banyak peternak di Indonesia yang menjelaskan jika budidaya kelinci menjadi satu diantara komoditas pemasok daging yang cepat dan juga efektif. Tidak hanya dagingnya saja, kita juga dapat menggunakan kotoran kelinci menjadi pupuk organik, bulu kelinci menjadi benang wol yang hangat, serta kita dapat juga menggunakan kelinci peliharaan/hias buat dipasarkan ke konsumen.

Tentunya masih banyak keunggulan-keunggulan beternak kelinci lainnya. Berikut kita akan membahas 7 Alasan Mengapa Beternak Kelinci Bagi Peternak Pemula yang amat menguntungkan dan juga menjanjikan. 

Keunggulan serta Keuntungan dari Ternak Kelinci 
Usaha Ternak Kelinci Sangatlah Menjanjikan dan juga Menguntungkan. Di zaman sekarang ternak kelinci sangatlah bagus buat dikembangkan. Karena persaingan yang ada masih terbilang kurang. Tidak hanya itu ketersediaan pakan alam yang melimpah dan iklim Indonesia yang bagus membuat semakin mudah tentunya dalam beternak kelinci. 

Berikut 7 Keunggulan beternak kelinci: 

1. Mempunyai Reproduksi yang Cepat 
Keunggulan beternak kelinci selanjutnya ialah tingkat reproduksi yang tinggi pada kelinci. Berdasarkan data, kelinci dapat berkembang biak 4 hingga 6 kali dalam satu tahun. Dan dapat melahirkan hingga 6 ekor anak di setiap kelahiran. Tidak hanya itu, induk kelinci juga  mempunyai masa kehamilan yang singkat, yakni kurang lebih 30 sampai 40 hari. 

Bila dikalkulasi satu pasang induk kelinci subur dapat menghasilkan 20 ekor anak dalam satu tahun. Sehingga apabila anda mempunyai 4 pasang kelinci diperhitungkan dapat menghasilkan 80 ekor anak dalam setahun, bagaimana menggiurkan sekali bukan. Syaratnya harus mampu dan rajin dalam merawat induk dan juga anak kelinci sebaik-baiknya. dan juga banyak membaca informasi tentang perawatan kelinci. 

2. Jualan Hasil Daging Kelinci 
Perlu kita ketahui bersama bahwasanya di negara Indonesia kelinci terbagi menjadi dua. Ada kelinci pedaging dan juga ada kelinci hias. Untuk kelinci pedaging sendiri mempunyai kelebihan dari sisi pemanfaatan dagingnya. Rasa serta teksturnya cukup lembut sehingga tidak alot jika dikelola menjadi apa saja. Baik itu sate ataupun oseng-oseng. 

Bahkan juga daging kelinci lebih sehat ketimbang daging kambing, sebab memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai tertarik menjual daging kelinci serta permintaan pasar kian bertambah tinggi. Jadi dapat dikatakan bahwasanya beternak kelinci cukup bahkan sangat menjanjikan jika dikelola secara profesional. 

3. Gampang Dibudidayakan di Wilayah Plosok dan juga Pedesaan 
Berikut alasan pertama kenapa usaha ternak kelinci sangatlah menjanjikan. Yakni gampang dikembangkan di wilayah pedesaan. Kondisi pedesaan yang alami serta banyak tumbuhan-tumbuhan segar dapat mempermudah langkah kita dalam beternak kelinci. Sebab kelinci Sendiri lebih cocok dengan pakan yang berasal dari alam ketimbang pakan produksi pabrik seperti pelet. 

4. Dapat Diternakkan di Sekitaran Rumah 
Tidak seperti kambing ataupun sapi, beternak hewan kelinci relatif sangat gampang. Tidak memerlukan area yang luas dan juga biaya yang banyak. Karena kelinci pedaging dan kelinci hias mempunyai postur tubuh yang relatif kecil. Sehingga kalian cukup membuat kandang bertipe susun sehingga tentunya dapat menghemat tempat.

5. Menjual Kotoran Kelinci
Kotoran kelinci mempunyai nilai plus tersendiri. Dan bukan hanya sekedar kotoran. Karena kotoran kelinci dapat dijadikan sebagai bahan dasar pakan ayam yang berprotein tinggi serta bahan pupuk kandang yang subur. Jadi jika di sekitar rumah anda banyak tanaman sayur-sayuran dapat menggunakan kotoran kelinci ini sebagai pupuk organiknya. 

6. Dapat Dibudidayakan dalam Skala Besar Atau Kecil
Kalian bisa mengawali usaha di dunia peternakan kelinci ini dalam skala kecil atau besar. Artinya dapat dikerjakan cuma buat mengisi waktu kosong di sore hari alias usaha sambilan. Akan tetapi bisa juga dikerjakan secara profesional dalam skala yang besar. dan juga tentunya keuntungan jauh lebih besar.

7. Jualan Kelinci Hias 
Kelinci hias sendiri dapat dikatakan  cukup menjanjikan. Kalian akan mendapatkan keuntungan dari proses jual beli pada konsumen. Seperti yang rekan-rekan ketahui jika kelinci hias mempunyai bulu lebat dan juga bentuk yang lucu. Hal ini tentunya membuat orang-orang tertarik buat memelihara kelinci di rumah. Oleh karenanya budidaya kelinci hias dipercaya bisa menambah pundi-pundi penghasilan anda.

Itulah 7 Alasan Mengapa Beternak Kelinci Bagi Peternak Pemula. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan semangat rekan-rekan sekalian untuk segera memulai usaha ternak kelinci.

Terima Kasih

0 Response to "Alasan Mengapa Beternak Kelinci Bagi Peternak Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel