Alasan Mengapa Beternak Lele Bagi Peternak Pemula

Alasan Mengapa Beternak Lele - Terdapat banyak usaha budidaya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, diantaranya ialah usaha budidaya pembesaran ikan lele. Dan juga telah kita ketahui bersama bahwasanya ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah buat dipelihara, serta tidak membutuhkan perhatian ekstra seperti jenis ikan lain seperti halnya ikan gurame. 


Lele sendiri tergolong jenis ikan mempunyai masa panen yang relatif cepat, yakni hanya memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan. Selain perawatan yang mudah harga ikan lele juga tergolong murah sehingga masih bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, sehingga buat pemasarannya sendiri tidak begitu sulit.

Ikan lele sendiri memiliki rasa daging yang enak, kaya nutrisi, serta harga pun relatif dapat dijangkau. Usaha ternak lele merupakan salah satu usaha yang memberikan keuntungan serta potensial buat dikerjakan. Mengawali usaha ikan lele juga tidak memerlukan biaya yang cukup besar, serta termasuk jenis ikan yang perawatannya terbilang mudah. 

Kemudahan dalam menjalankan usaha ini tentunya sangat cocok bagi para peternak khususnya bagi para peternak pemula. Untuk lebih jelasnya apa-apa saja alasan mengapa kita harus mencoba beternak lele, berikut penjelasannya.

1. Masa Panen Singkat
Tidak hanya perawatannya yang gampang, ikan lele juga memiliki kelebihan dimana ikan ini dapat dipanen dengan waktu yang singkat. Anda tak perlu menunggu terlalu lama buat memanen lele, karena umumnya ikan lele telah siap panen kurang lebih 3 bulan dimulai sejak benih ditebar. 

Dengan waktu panen lele yang lebih singkat, tentunya anda akan cepat dalam balik modal dan tentu saja cepat dalam mendapatkan keuntungan. Hal inilah sebagai satu diantara alasan mengapa para peternak tertarik buat mengawali usaha ternak lele. 

2. Tahan Terhadap Penyakit
Dalam membudidayakan ikan tentu saja tidak terlepas dari gangguan seperti penyakit, dan perlu kamu ketahui banyak jenis-jenis ikan yang dibudidayakan sangat rentan terhadap serangan penyakit, akan tetapi tidak buat ikan lele. 

Ikan lele terkenal akan ketahanannya dari berbagai serangan penyakit serta mempunyai ketahanan tubuh yang baik. Anda akan jarang mendapati ikan lele yang terkena serangan penyakit. Hal ini dikarenakan ikan lele sudah dilindungi oleh lendir sebagai pelindungnya.

3. Target Pemasaran Yang Luas
Lele adalah satu diantara ikan paling digemari di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan lele umumnya disajikan berupa santapan kuliner seperti pecel lele, sambel lele, lele bakar dan lainnya.

Dengan adanya berbagai macam kreasi makanan berbahan dasar ikan lele, tentu saja membuat ikan lele mempunyai pasar yang amat luas. Tidak hanya di warung pemasaran ikan lele juga telah sampai di restoran-restoran mewah sekalipun. Ini tentunya mempermudah Anda dalam memasarkan ikan lele.

4. Benih Murah dan Mudah Didapatkan
Bagi anda yang ingin memulai usaha ini, hal pertama yang perlu Anda siapkan ialah benih ikan lele. Anda tak perlu bingung bagaimana caranya, karena untuk mencari atau mendapatkan benih ikan lele sangatlah gampang dan juga harga yang ditawarkan juga murah. Dengan demikian, usaha ikan lele anda akan memberi keuntungan yang basar tak mesti mengeluarkan biaya yang besar tentunya

5. Perawatan Mudah
Tidak seperti budidaya ikan lain, dalam budidaya lele anda tak perlu memberi perawatan khusus dalam merawat atau membudidayakan ikan lele. Dimana, ikan lele termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, baik di kolam tanah, semen, atau terpal. 

Dimana pun tempat tinggalnya, ikan lele dapat bertahan hidup dan juga berkembang biak secara baik. Ini tentunya dapat memudahkan pekerjaan Anda. Akan tetapi, walaupun mudah dalam perawatan anda harus rutin dalam memberikan pakan lele agar pertumbuhannya tidak terhambat dan tumbuh besar seperti yang anda harapkan.

6. Daya Tahan Terhadap Kondisi Lingkungan
Tidak hanya tahan pada serangan penyakit, ikan lele juga  mempunyai ketahanan yang kuat. Dimana, ikan lele bisa hidup di banyak kondisi, bersih, kotor, tercemar. Dengan ketahanan hidup yang kuat, maka tentu saja resiko kerugian lantaran ikan lele yang mati lebih rendah. 

Meskipun demikian, Anda harus senantiasa memperhatikan kebersihan kolam saat ikan lele masih dalam fase benih, sebab ikan lele yang masih fase benih berbeda ketahanan tubuhnya dengan lele yang telah fase dewasa.

Itulah informasi tentang Alasan Mengapa Beternak Lele Bagi Peternak Pemula yang dapat saya sampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan tentunya memicu semangat rekan-rekan sekalian untuk mencoba usaha budidaya ikan lele ini.

Terima Kasih

0 Response to "Alasan Mengapa Beternak Lele Bagi Peternak Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel