Langkah-Langkah Sukses Memulai Usaha Ternak Bebek

Langkah Sukses Memulai Ternak Bebek - Tidak hanya beternak ayam petelur, ayam pedaging dan juga ayam kampung, ternyata cukup banyak orang yang memilih buat beternak bebek lantaran cara perawatannya yang terbilang mudah dan memiliki kemiripan dalam cara pemeliharaannya. 


Tidak hanya itu, orang yang beternak bebek di Indonesia saat ini pun masih kalah dibandingkan para peternak ayam yang jumlahnya semakin bertambah dari hari ke hari. Apabila Anda termasuk orang yang ingin dan memiliki rencana untuk beternak bebek, Sebaiknya anda memahami langkah-langkah sukses beternak bebek yang akan saya paparkan di bawah ini.

1. Melaksanakan Seleksi Bibit
Hal yang pertama kali dilakukan apabila anda berniat untuk memulai usaha ternak bebek ialah melakukan seleksi bibit.Seperti yang telah Anda ketahui, bibit bebek di Indonesia terdiri jadi dua, yakni bebek lokal dan juga bebek persilangan. 

Bebek lokal sendiri terbagi menjadi beberapa jenis lagi, dimana terdiri dari bebek Tegal, bebek Mojosari, bebek Alabio dan juga bebek Asahan. Disamping itu, untuk bibit bebek yang lain, Anda dapat memilih bibit bebek Peking, yang disebut sebagai bibit bebek unggul asal Tiongkok. Setelah Anda memilih bibit yang ingin Anda ternak, Anda dapat menuju ke langkah berikutnya.

2. Memilih Jenis Pakan Dan Memperhatikan Takaran Pakan
Untuk memulai usaha beternak bebek, pastinya anda juga memerlukan dan menyiapkan makanan yang akan dikonsumsi oleh bebek ternak Anda. Makanan yang dapat Anda pilih diantaranya jagung, padi, kedelai dan bungkil kelapa. 

Selanjutnya, anda mesti memperhatikan takaran makanannya. Sejalan bertambahnya usia bebek, tentu saja takaran makanannya menjadi  semakin banyak. Contohnya, buat usia 1-2 minggu, untuk per ekornya harus diberi makanan sekitar 60 gr per harinya. Apabila umurnya lebih dari 10 minggu, maka makanan per ekornya sebaiknya sekitar 150-180 gr per harinya. 

3. Penempatan Posisi Kandang 
Dalam memilih lokasi untuk menempatkan kandang bebek tidak asal-asalan alias harus dipertimbangkan secara matang. Kandang bebek yang baik syaratny mesti dekat dengan sumber air, jauh dari keramaian dan juga pemukiman masyarakat, serta lokasinya gampang didatangi agar nantinya pengawasan bebek menjadi lebih gampang. 

Untuk kandang beternak bebek yakni padan badan kandang, Anda dapat memakai kayu atau bambu, sedangkan untuk atapnya anda dapat memakai genteng. Untuk lantainya sendiri, Anda cukup menggunakan pasir atau kapur. Pastinya Anda mesti siap dengan ukuran kandangnya. 

Semakin besar ukuran tubuh bebeknya, maka tentu saja Anda perlu kandang yang lebih besar dari kandang sebelumnya. Dan anda harus menyiapkan beberapa kandang dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan banyak dan ukuran bebek.

4. Metode Pemeliharaan Bebek
Cara pemeliharaan bebek ada beberapa cara atau metode, yakni : 
  1. Metode intensif, dimana bebek yang Anda ternak harus senantiasa berada di dalam kandang. 
  2. Metode ekstensif, yakni metode pemeliharaan bebe dengan cara menggembala atau memindahkan bebek ternak anda dari satu tempat ke tempat yang lain. 
  3. Metode semi-ekstensif, yakni metode dimana bebek ternak anda akan diletakkan di sebuah halaman dengan pagar pembatas, serta disiapkan juga kandangnya. 

5. Tekhnik Penanggulangan penyaki
Dalam melaksanankan usaha ternak bebek terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang bebek, yang perlu Anda waspadai. Penyakitnya diantaranya berak kapur, cacingan, atau lumpuh. 

Akan tetapi, walupun bebek dapat terkena beberapa jenis penyakit tentu saja ada cara untuk mencegahnya dimana untuk berak kapur, Anda dapat menjaga kebersihan kandang bebek anda dan juga makanannya, sehingga bebek anda dapat terhindar dari bakteri Salmonella Pullorum, yang menjadi pemicu terjadinya penyakit berak kapur. 

Begitu pula dengan mencegah cacingan pada bebek, kandang mesti rajin dan dikontrol selalu kebersihannya. Buat penyakit lumpuh, Anda dapat mencegahnya dengan memberi makanan berupa sayuran hijau tiap harinya. 

6. Pemanfaatan Pasca Panen 
Dari melakukan usaha beternak bebek, Anda dapat memanen telur dan juga dagingnya. Bahkan juga, bulu bebek beserta kotorannya masih dapat anda manfaatkan. 

Telur bebek dapat dijadikan telur asin, dan juga tentunya dagingnya bisa dibikin salah satu menu kuliner yaitu bebek goreng atau panggang. Bulu bebek dapat dijadikan sebuah hasil kerajinan tangan serta untuk kotorannya sendiri, dapat anda jadikan pupuk. Semuanya dapat Anda panen serta mampu memberikan keuntungan yang berlipat buat anda.

Itulah informasi tentang Langkah-Langkah Sukses Memulai Usaha Ternak Bebek yang dapat saya informasikan buat sahabat sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pemicu sahabat sekalian untuk memulai usaha ternak bebek.

Terima Kasih

0 Response to "Langkah-Langkah Sukses Memulai Usaha Ternak Bebek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel