Iklan

Asal Usul Jersey Biru Merah Barcelona, Niru FC Basel?

Tuesday, April 28, 2020, April 28, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:27:57Z
Go1News.com - Warna merah dan biru sudah kadung melekat dengan jersi Barcelona. Pertanyaannya, kenapa harus biru-merah? 
Selebrasi pemain FC Barcelona mejadi juara La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Barcelona, Spayol. Foto: AFP/LLUIS GENE
Ada beberapa cerita yang jadi asal usul pemilihan warna pada jersi Barcelona ini. Salah satu ceritanya diyakini terjadi pada Desember 1899.

Saat itu, Barcelona yang baru berusia beberapa pekan sedang mengadakan rapat. Di dalam rapat tersebut, Witty bersaudara--Arthur dan Ernest--mengusulkan agar Barcelona mengenakan jersi warna merah dan biru. 
Barcelona, Levante La Liga, Barcelona Juara

Arthur dan Ernest Witty memiliki kontribusi besar di tahun-tahun pertama Barcelona berdiri. Usulan mereka terinspirasi dari warna seragam tim rugbi asal Crosby, Liverpool, Merchant Taylors.

Ide ini diterima dengan baik oleh pendiri Barcelona, Joan Gamper. Namun, nukilan ini tak menjadi satu-satunya cerita yang muncul jika bicara soal jersi Barcelona.

Ada satu cerita yang menyebut bahwa warna merah dan biru ini berasal dari ibu seorang pemain. Ia terinspirasi dari warna pena merah dan biru yang acap digunakan saat itu. 
FC Barcelona melawan Eibar

Ada juga cerita yang menyebut bahwa warna merah dan biru Barcelona berkaitan dengan Revolusi Prancis. Bahkan, ada yang menyebut bahwa Barcelona berusaha meniru FC Basel. 
Selebrasi pemain FC Barcelona usai mencetak gol ke gawang Eibar pada laga lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS / Albert Gea
Dari semua versi, Barcelona meyakini bahwa cerita Witty bersaudaralah yang paling dapat diterima. Argumen itu diperkuat dengan cerita dari keturunan Witty dan Gamper.

"Cerita dari keluarga para pendiri klub menjadi teori yang paling memungkinkan tentang mengapa klub ini memilih dua warna tersebut. Teori ini juga didukung oleh klub," ujar pernyataan resmi Barcelona.

"Mungkin suatu hari nanti, dalam keadaan yang tak diduga, sebuah dokumen akan muncul untuk mengonfirmasi teori ini. Hingga hari itu tiba, kami akan terus mendukung cerita itu sebagai teori yang paling memungkinkan," tambahnya. 

Barcelona tak menjadi satu-satunya tim di Spanyol yang menggunakan jersi warna biru dan merah. Salah satunya adalah SD Eibar. 

Namun, jangan lupa bahwa Barcelona merupakan tim pertama di Spanyol yang memakai jersi warna biru dan merah. Makanya mereka berjuluk Blaugrana. Blau artinya biru, sementara grana berarti merah. (Kumparan)
Komentar

Tampilkan

Terkini