Iklan

Bukan Skala Besar, Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas Tak Perlu Izin Menkes, “Ini Senjata Ampuh”

Thursday, April 30, 2020, April 30, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:27:39Z
Go1News.com – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di suatu wilayah harus melalui izin Menteri Kesehatan dengan memenuhi sejumlah syarat.


Sejauh ini sudah ada banyak daerah yang sudah menerapkan PSBB karena penularan dan korban terdampak sangat besar.

Namun bukan berarti pembatasan sosial skala lebih kecil mesti dilarang hanya demi menekan penularan baru di suatu wilayah.

Pakar Penyakit Menular Pandu Riono mengatakan Pembatasan Sosial khusus Berbasis Komunitas seharusnya bisa diterapkan masyarakat.

“Pembatasan Sosial khusus yang berbasis komunitas adalah senjata kita yang dahsyat dampaknya untuk tekan penularan baru dan membangun solidaritas kemanusiaan secara bersama,” ujarnya melalui akun Twitternya, Kamis (30/4/2020).

Menurutnya tingkat penularan yang terus menerus meningkat harus menjadi kewaspadaan bersama tanpa ada hambatan-hambatan birokratis bagi masyarakat untuk melaksanakannya. Salah satunya dengan Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas.

“Pembatasan Sosial berbasis komunitas TIDAK perlu minta ijin
@kemenkesRI dengan aturan yg sangat tidak logis & bertentangan dengan tujuan PSBB,” ujarnya.

Bahkan, menurutnya, upaya warga melakukan tindakan inisiatif tersebut mesti didukung pemerintah setempat.

“Inisiatif komunitas agar bertahan (resilience) dengan melakukan pembatasan sosial di wilayahnya patut dipuji dan difasilitasi oleh pemda,” ungkapnya. (psid)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+