Iklan

CEK FAKTA: Bantuan dari Anies Baswedan Sampai ke Donald Trump?

Friday, April 24, 2020, April 24, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:38Z

GO1news.com | Baru-baru ini beredar kabar yang menyebut bantuan sosial (bansos) dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sampai hingga ke Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.  

"Luar Binasa, Tidak Hanya Anggota DPR Serta PNS, Bansos Gakbener Anies Juga Nyasar Ke Kim Jong Un Dan Donald Trump," demikian judul sebuah berita. 

Berita tersebut diunggah oleh pengguna Facebook bernama Firman Jamaludin dan ditanggapi dengan kalimat, "Mereka pun berencana mengembalikan bansos tersebut dalam bentuk bingkisan sembako rudal."

Bagaimana fakta sebenarnya? Apakah hal itu benar?

PENJELASAN


Berdasarkan penelusuran Medcom.id, dapat dipastikan bahwa kabar di atas adalah kabar palsu atau kabar hoaks. Pasalnya, berita tersebut diterbitkan oleh media bernama JBLT yang logonya sama persis dengan CBNC Indonesia.

Judul berita itu telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menyerupai judul artikel baru padahal faktanya, tak ada berita dengan judul tersebut di media manapun. 

Selain itu, bansos dari pemerintah provinsi DKI Jakarta beberapa memang ada yang salah sasaran, contohnya seperti yang diterima oleh anggota DPRD DKI Jakarta Johnny Simanjutak. 

Terkait hal ini Anies Baswedan sudah menegaskan bahwa untuk bansos berikutnya, ia akan menjamin tidak akan yang salah sasaran. Bansos hanya ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu di lingkungan PSBB dan bukan untuk golongan elite. 

KESIMPULAN


Dari penjelasan di atas maka dapat dipastikan bahwa tidak benar jika bantuan dari Anies Baswedan sampai hingga ke Donald Trump atau Kim Jong-un. Judul berita tersebut telah dimodifikasi sehingga menghasilkan kabar hoaks. (su)
Komentar

Tampilkan

Terkini