Iklan

Facebok Dan Whatsapp Saingi Aplikasi Zoom Dengan Kehadiran Fitur Video Konferensi Messenger Rooms

Tuesday, April 28, 2020, April 28, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:27:53Z

Jakarta, Indonesia - Aplikasi Zoom harus mewaspadai kehadiran fitur video konferensi Messenger Rooms. Pasalnya, Selain digunakan di platform Facebook, aplikasi ini akan bisa digunakan di WhatsApp.

Penguna Messenger Rooms melalui WhatsApp sudah bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp beta Android versi 2.20.139. Dalam versi tersebut sudah muncul shortcut langsung ke fitur Rooms.

Jadi jika pengguna mengklik shortcut Rooms pengguna akan diarahkan langsung ke Facebook Messenger. Short cut ini akan terlihat ketika pengguna meng-klik gambar klip paper di WhatsApp atau di fitur Calls WhatsApp, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (28/4/2020).

Menurut Vice President Messenger Facebook Stan Chudnovsky, fitur Messenger Rooms akan diintegrasikan dengan Instragram Direct, WhatsApp, dan Portal.

"Komunitas kami semakin banyak beralih ke Messenger dan WhatsApp untuk tetap terhubung," ujar Stan Chudnovsky seperti dilansir dari Venture Beat. "Pada Messenger dan WhatsApp, ada 700 juta akun berpartisipasi dalam panggilan suara setiap harinya dan jumlah ini meningkat lebih dari dua kalinya sejak pandemi corona dimulai. Dalam beberapa kasus, jumlah panggilan video grup meningkat lebih dari 10 kalinya."

Informasi saja, Facebook Messenger Rooms dapat menampung sebanyak 50 orang untuk berpartisipasi dalam panggilan. Nantinya, alat ini akan menampilkan tata letak ruang video partisipan - hingga 16 pada desktop dan 8 pada seluler - menyerupai desain yang ditawarkan oleh pesaingnya Zoom.

Lebih lanjut, pengguna Facebook akan dapat berbagi tautan yang memungkinkan non-pengguna untuk bergabung dalam layanan tersebut melalui browser web baik di desktop maupun di seluler. Artinya, tidak ada persyaratan untuk mengunduh aplikasi atau membuat akun terlebih dahulu seperti pada layanan lain. Kemudian, tidak akan ada batasan waktu untuk panggilan.CNBC

Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+