Iklan

Ganjar Beberkan Betapa Susahnya Jika PSBB Diberlakukan, Wanti-Wanti Pakai Cara Konvensional Dulu

Tuesday, April 21, 2020, April 21, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:29:20Z

GO1news.com | Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, jika konsep gotong royong dilakukan, PSBB tidak perlu dilakukan.

Ia mencontohkan beberapa desa dan perkampungan di Jawa Tengah yang telah menerapkan isolasi mandiri yang ternyata langkah-langkahnya cukup menarik.

“Ada satu kampung yang menarik, dia mengunci beberapa titik. Dalam sehari pertama (ada) protes, hari kedua (mulai) mereda, hari ketiga sistem pasar untuk memenuhi kebutuhan pangan dan pokok ada sendiri. Pedagang datang sendiri kemudian RT mengatur, kamu di sebelah sana, kamu di sebelah sana, mereka bisa transaksi dengan relatif aman,” kata Ganjar dalam keterangannya.

“Saya ingin PSBB ditahan kemudian kita bangun sistem yang ada, yang pernah ada, masih ada, dan jarang digunakan. Gotong royong, gugur gunung, kerik desa, bareng-bareng, kemudian lumbung pangan, tolong-menolong ini cara yang baik. Dari sisi keagamaan ulama mengajarkan kita untuk hidup bersih,” jelas Ganjar.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengusulkan pemberlakuan PSBB untuk Kota Semarang.

Hendrar juga mulai mempertimbangkan agar daerah yang berbatasan dengan kota itu ikut diberlakukan PSBB pula.

Hal itu karena banyaknya pekerja dari daerah lain yang setiap hari masuk Kota Semarang sebagai bahan pertimbangan.

Ganjar menegaskan, kondisi saat ini membuat pengajuan PSBB harus dipertimbangkan masak-masak. Kota Semarang, menurut pemantauannya, masih banyak kegiatan berkumpul.

“Pak Wali Kota Semarang sudah komunikasi dengan kami, sudah menghitung dengan kami, beliau punya usulan bagus dan kreatif agar bicara dengan daerah sekitarnya wabil khusus Demak dan Kendal,” ujar Ganjar.

Menurutnya, jika Kota Semarang diberlakukan PSBB maka beberapa wilayah di sekitarnya juga harus melakukan PSBB. Padahal PSBB akan membuat situasi tidak nyaman.

“Yang Semarang kita warning berkali-kali agar masyarakat untuk bantu soal itu, kalau PSBB Anda semua akan mengalami situasi tidak nyaman, tolong cegah (Corona) bareng-bareng,” tegas Ganjar. (pjk)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+