Iklan

Gugus Tugas Imbau Dokter Wajib Pakai APD saat Layani Pasien Non-Corona

Monday, April 20, 2020, April 20, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:29:30Z

GO1news.com | Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo berjanji akan memberikan Alat Perlindungan Diri (APD) yang optimal bagi dokter dan tenaga medis. Doni mengimbau agar para dokter menggunakan APD lengkap saat melayani pasien Covid-19 maupun non-Covid-19 atau virus corona.

"Para dokter akan dioptimalkan dukungan APD terbaik, kita sudah berikan imbauan ke IDI agar seluruh dokter agar ketika pelayanan Covid dan non-Covid wajib melakukan APD," kata Doni saat rapat di Sekretariat Kabinet (Setkab), Jakarta, Senin (20/4/2020).

Hal itu diungkapkan Doni usai melaporkan kinerja Gugus Tugas ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini. Dalam rapat bersama Presiden Jokowi tersebut, Doni mengaku mendapat banyak arahan terkait percepatan penanganan Covid-19.

Salah satu yang ditekankan Presiden Jokowi kepada Doni Monardo dalam rapat tersebut yakni terkait keselamatan para dokter dan tenaga medis. Sebab, tenaga media merupakan garda terdepan dan benteng terakhir dalam penanganan Covid-19. 

"Penekanan presiden, adalah memberikan perlindungan optimal pada dokter, para medis lainnya kepada garda terdepan. Tenaga medis ini harus jadi benteng terakhir kita untuk meningkatkan ketahan nasional," katanya.

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), jumlah dokter yang meninggal akibat terpapar virus corona sejauh ini sudah mencapai 24 orang. Mayoritas dokter yang meninggal tersebut, diungkap IDI, masih aktif melayani pasien.

Oleh karenanya, Gugus Tugas mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk memberikan APD yang optimal bagi para dokter. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk menggunakan layanan telemedicine jika mengalami keluhan sakit. (okz)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+