Iklan

Harga Minyak Anjlok, Perusahaan Kapal Tanker Raup Banyak Untung

Friday, April 24, 2020, April 24, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:29Z
HAMILTON, Go1News.com - Harga minyak dunia yang menyentuh level terendah sepanjang sejarah menjadi berkah bagi perusahaan kapal tanker. Salah satunya perusahaan asal AS, Nordic American Tanker Ltd.

Kapal tanker minyak lalu lalang di Selat Hormuz, Timur Tengah. (Foto: AFP)

CEO Nordic, Herbjorn Hansson mengatakan, kondisi saat ini sangat menguntungkan perusahaan.

"Kami meraup banyak uang saat ini sehingga neraca keuangan meningkat luar biasa signifikan, dan saya tak pernah melihat pasar yang begitu kuat sebelumnya," kata Hansson dilansir CNBC, Sabtu (25/4/2020).

Sebagai pemain kapal tanker ketiga terbesar dunia, Nordic meraup cuan di tengah kondisi jatuhnya harga minyak. Saat ini, suplai minyak berlebihan bahkan sempat membuat harga minyak minus 37 dolar AS per barel. Artinya, mereka yang memiliki komoditas itu harus membayar.

Suplai minyak yang melimpah membuat penyimpanan tak cukup menampung. Alhasil, minyak harus disimpan di kapal-kapal tanker, sehingga perusahaan kapal tanker seperti Nordic diuntungkan.

Hansson mengatakan, biaya sewa kapal tanker Nordic rata-rata 70.000 dolar AS per hari. Sejumlah perusahaan minyak seperti Exxon, Mobil, dan British Petroleum harus merogoh kocek karena biaya penghentian produksi minyak daripada menyewa kapal tanker.

Pada kuartal I-2020, Nordic diprediksi meraih pendapatan sebesar 88,5 juta dolar AS, naik 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kami tidak mengurusi harga minyak. Kami hanya mengurusi soal mengangkut minyak dan itu dua hal yang berbeda," kata dia.

Dalam sebulan terakhir, harga saham Nordic naik 19 persen dengan nilai kapitalisasi pasar 861 juta dolar AS. Perusahaan yang bermarkas di Bermuda itu menjanjikan dividen atas keuntungannya kepada para pemegang saham.

"Saya memprioritaskan dividen karena saya melihat pasar yang sangat kuat, bahkan ini pasar yang paling kuat yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya," ujar Hansson. (inews)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+