Iklan

Mantan Pemain Barcelona Dijatuhi Hukuman Penjara Akibat Pengaturan Skor

Friday, April 24, 2020, April 24, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:29Z
MADRID, Go1News.com – Mantan pemain Barcelona era 2009, Xavi Torres, dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun. Dia didakwa bersalah terlibat skandal pengaturan skor.

Mantan Pemain Barcelona, Xavi Torres, Dijatuhi Hukuman Penjara (foto: Skysports)
Kasus tersebut terjadi saat Torres masih memperkuat Real Betis musim 2013/2014. Dia terlibat pengaturan skor bersama rekan setimnya Antonio Amaya yang juga mendapat hukuman penjara durasi yang sama. 

Selain mereka, ada lima mantan anggota direksi Osasuna juga dipenjara akibat masalah yang sama. Mantan Direktur Pelaksana Angel, Vizcay, dijatuhi hukuman paling berat yakni delapan tahun penjara. Sebab, selain jadi dalang pengaturan skor, dia terbukti terlibat kasus penyelewengan dana dan pemalsuan akun.

Tindak pidana tersebut  terjadi pada akhir musim 2013/2014 ketika Betis dipastikan terdegradasi ke Divisi Segunda. Vizcay menyogok Amaya dan Torres dengan uang 650.000 euro atau sekitar Rp11 miliar untuk menaklukkan Real Valladolid kemudian mengalah saat melawan Osasuna pada pekan terakhir La Liga. 

Hal tersebut dilakukan agar Osasuna bisa bertahan di La Liga. Skema tersebut mereka jalankan dengan baik. Betis menang 4-3 atas Valladolid kemudian kalah 1-2 dari Osasuna. 

Presiden Osasuna saat ini Luis Sabalza senang mendengar kabar tersebut. Dia menegaskan kembali klubnya sangat mengecam jajaran manajemen sebelumnya yang dibumbui korupsi.

“Kami senang. Osasuna yang membawa kasus ini ke pengadilan. Karena ketika tiba di klub, kami melihat hal-hal yang janggal. Kecurigaan kami kini terbukti. Pengadilan telah melakukan tugas mereka,” katanya Sabalza dikutip laman klub.

La Liga sudah memberikan pernyataan resmi terkait kasus tersebut. Namun, sampai berita ini diturunkan pihak Real Betis belum memberikan komentar. 

“Hukuman ini membantu perjuangan La Liga melawan korupsi dan upaya mempertahankan integritas kompetisi sepak bola. Kami ingin melawan segala upaya campur tangan baik itu mengubah jalannya musim atau hasil pertandingan,” tulis La Liga. (inews)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+