Iklan

Mantan Penasihat Militer RI di PBB Resmi Dimutasi Jabat Wadan Seskoad

Sunday, April 26, 2020, April 26, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:09Z
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: Puspen TNI).

Go1News.com – Rotasi jabatan berlangsung di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad). Sejumlah posisi resmi dihuni pejabat baru berdasarkan keputusan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Komandan Seskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara memimpin upacara serah terima jabatan tersebut di Gedung Prof Dr Satrio Seskoad, Bandung, Jawa Barat. Mengingat berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada Kamis (23/4/2020) itu menerapkan protokol kesehatan.

“Karena yang melaksanakan sertijab cukup banyak, maka kita menerapkan physical distancing, menjaga jarak fisik,” kata Kurnia, sebagimana disampaikan Kapen Humas Seskoad Letkol Caj (K) Kristina melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (26/4/2020).

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/385/IV/2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, mutasi dan promosi jabatan di Seskoad antara lain mencakup wadan dan dirlem Seskoad.

Jabatan wadan Seskoad resmi diserahterimakan dari Brigjen TNI Nugroho Tjendakiarto kepada Brigjen TNI Fulad. Nugroho selanjutnya dimutasi sebagai Perwira Ahli Tingkat II KSAD Bidang Indag (organisasi baru).

Adapun Fulad sebelumnya Staf Khusus KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Dalam kariernya, alumnus Akademi Militer 1990 dari kecabangan infanteri ini juga pernah memegang sejumlah jabatan, di antaranya ajudan Presiden RI (2012-2014), komandan Korem 061/Surya Kencana (2014–2016) dan Penasihat Militer–Perwakilan Tetap Pemerintah RI di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat (2017–2018).

Sementara itu promosi jabatan diterima Kolonel Arief Subekti yang dipercaya sebagai dirlem Seskoad. Dia menggantikan Brigjen TNI Eddy Syahputra Siahaan. Dengan mutasi ini, Arief akan mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi atau brigjen TNI.

Promosi jabatan juga diterima Kolonel Czi Diding Sutisna Sukarma. Sekretaris Itjen TNI ini dipromosikan sebagai Inspektorat Seskoad (organisasi baru).

Jabatan Kakordos Seskoad juga diserahterimakan dari Kolonel Inf Tri Winarno kepada Brigjen TNI Agus Yuniarto, Dankorsis Seskoad dari Kolonel Inf Suratno kepada Kolonel Inf Yunianto, Dirjianbang Seskoad dari Kolonel Inf Furdiyantoso kepada Brigjen TNI Marsudi Utomo dan Dirdik Seskoad dari Kolonel Inf Dede Indrazat kepada Kolonel Inf RP Ivancius Pr Siagian.

Kurnia mengatakan, alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI AD bertujuan untuk mengembangkan karier para perwira dan meningkatkan kinerja serta mewujudkan efektivitas dan kemajuan organisasi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan.

Dia mengingatkan, di tengah pandemi Covid-19, Seskoad tetap harus mampu melahirkan para perwira lulusan Seskoad yang berkualitas serta siap menghadapi tantangan dan tuntutan tugas yang semakin kompleks dan dinamis.

Menurut Danseskoad, serah terima jabatan tersebut dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan personel sesuai dengan Perkasad Nomor 26 Tahun 2019 tanggal 26 Desember 2019 tentang Validasi Orgas Seskoad.

“Seskoad mendapat penambahan jabatan berpangkat brigjen, untuk dirlem, kakordos, dankorsis, inspektorat, dirdik dan dirjianbang Seskoad serta enam jabatan windyaiswara,” ucapnya. (inews)
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+