Iklan

Pemerintah Sudah Kecolongan, Hari Ini Sudah Puluhan Ribu Kendaraan Keluar dari Jakarta

Thursday, April 23, 2020, April 23, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:43Z

GO1news.com | Jelang diberlakukannya aturan larangan mudik pada Jumat (24/4) besok. Tercatat, sudah ada puluhan ribu kendaraan yang keluar dari Jakarta.

Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Kamis (23/4).

Sambodo katakan, sejak tanggal 21-22 kemarin sudah hampir 44.550 kendaraan yang keluar wilayah Jabodetabek melalui Gerbang Tol Cikampek.

“Ini meningkat 27 persen dibandingkan hari sebelumnya. Itu juga berdasarkan hitungan pihak Tol Cikampek ya,” kata Sambodo.

Meski demikian, Sambodo belum memastikan apakah kenaikan volume kendaraan itu dampak dari larangan mudik dari pemerintah. Hal itu masih dikaji pihaknya.

“Kita belum tau ya (apa dampak karena larangan mudik),” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah telah melarang mudik untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal itu ditegaskan Jokowi dalam rapat terbatas lewat video conference, Selasa (21/4/2020).

Ia meminta jajarannya segera mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan larangan mudik ini. Dalam rapat sebelumnya, pemerintah diketahui belum melarang mudik dan hanya menyampaikan imbauan agar masyarakat tak pulang ke kampung halaman.

“Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang,” kata Presiden Jokowi.

Larangan mudik sebelumnya hanya berlaku bagi ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN. Namun, presiden menyebutkan, berdasarkan survei, masih ada 24 persen masyarakat yang bersikeras akan mudik.

“Artinya, masih ada angka yang sangat besar,” kata dia. (pjk)
Komentar

Tampilkan

Terkini