Iklan

Prediksi Corona Hilang Dari Tanah Air

Monday, April 27, 2020, April 27, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:01Z

Jakarta,  Indonesia - Kapan virus corona Covid-19 berakhir di Indonesia dan kehidupan kembali normal seperti sebelumnya, jadi pertanyaan sebagian masyarakat Indonesia. Pasalnya, virus corona telah membuat masyarakat Indonesia tidak bisa beraktivitas seperti sebelumnya.

Penelitian terbaru dari Singapore University of Technology and Design (STUD) memprediksi virus corona akan berakhir di Indonesia pada 6 Juni 2020.

Berikut prediksi kapan virus corona akan berakhir di Indonesia yang dirangkum CNBC Indonesia, Senin (27/4/2020):

6 Juni 2020

STUD memprediksi akhir virus corona di dunia pada 8 Desember 2020. Pada periode itu seluruh kasus corona sudah hilang dari bumi. Untuk Indonesia diramalkan virus corona akan berakhir 6 Juni 2020, di mana 97% kasus sudah selesai.
Penelitian ini menggunakan metode matematika tipe susceptible-infected-recovered (SIR) yang diregresikan dengan data dari berbagai negara.

29 Mei 2020

Virus corona di Indonesia berakhir 29 Mei 2020 diprediksi oleh pakar statistika Universitas Gajah Mada (UGM). Penelitian ini menggunakan model probabilistik yang didasarkan ata data real atau Probabilistik Data-Driven Model (PDDM).

April-Mei 2020

Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Amin Soebandrio, sempat menyebut wabah Corona diperkirakan usai pada pertengahan April hingga Mei.

"Banyak yang membuat prediksi perjalanan wabah di Indonesia. Terus terang prediksi lab-nya agak sulit sekarang karena penyebabnya multifaktorial. Saya pribadi memprediksi puncaknya akan terjadi dalam waktu dua-tiga minggu ke depan, setelah itu diharapkan jumlah kasusnya akan menurun. pertengahan puasa, mungkin pertengahan April ke Mei akan mencapai puncak," sebutnya seperti dilansir dari Detik.com.

Mei - Juni 2020

Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Ascobat Gani mengatakan akhir wabah Corona yang semula diprediksi pada akhir April bisa bergeser jika warga tetap nekat mudik.

"Bergeser tergantung perilaku masyarakat, yang dulu sudah bikin kan akhir April. Iya mungkin Mei, Juni, ya apalagi kalau mudik nanti bergeser lagi, ya kalau terus bergeser begitu beban kita, beban pelayanan kesehatan nggak sanggup, tenaga kesehatan juga sudah banyak yang jadi korban, ya kan," ungkapnya.

Akhir 2020

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi virus corona di Indonesia akan berakhir pada akhir 2020 dan masyarakat akan bisa kembali ke kehidupan sebelumnya serta melakukan perjalanan wisata.

"Semua orang ingin keluar, semua orang ingin menikmati kembali keindahan yang ada di wilayah, daerah yang ada pariwisatanya. Sehingga optimisme itu harus diangkat," ujarnya dalam rapat terbatas 16 Juni 2020.CNBC

Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+