Iklan

Sumatera Selatan Tidak Beri Akses Kepada Pemudik Yang Melewati Jalur Darat

Wednesday, April 22, 2020, April 22, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:29:02Z


Palembang,  Indonesia ‐‐ Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan tidak akan memberi akses kepada para pemudik yang ingin masuk lewat jalur darat. Angkutan umum dan pribadi dari luar daerah tidak akan diperkenankan masuk wilayah Sumsel saat larangan mudik berlaku mulai 24 April.
Pengecualian berlaku pada angkutan yang membawa logistik makanan, obat dan bahan bakar minyak (BBM).

"Kendaraan pribadi dan angkutan penumpang yang masih melintasi perbatasan akan dilarang untuk lewat dan harus kembali ke daerah asalnya," ujar Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Juni, Rabu (22/4).

Juni mengatakan sejumlah pos pengawasan mulai didirikan pada Kamis (23/4) atau satu hari sebelum larangan mudik resmi berlaku. Posko difungsikan untuk memeriksa kondisi para pengemudi kendaraan logistik dalam kondisi sehat sebelum memasuki kawasan Sumsel.

Selain jalan lintas timur (Jalintim) dan jalan lintas sumatera (Jalinsum), gerbang tol pun akan dijaga ketat oleh petugas.

"Kita data kendaraan datang dari mana dan tujuannya kemana. Kalau memang masih ada kendaraan penumpang yang masih mau melintas akan kita suruh pulang. Untuk penindakannya nanti situasional di lapangan. Namun jelas kami imbau untuk tidak mudik," kata dia.

Gubernur Sumsel Herman Deru meminta operator jalan tol berkoordinasi dengan gugus tugas selama larangan mudik berlaku. Harus ada penyaringan kendaraan yang boleh dan tidak boleh memasuki Sumsel.

"Namun kalau ada yang memang mendesak harus masuk ke wilayah Sumsel tentu ada pertimbangannya. Teknisnya petugas di lapangan melakukan tugasnya sesuai protokol pencegahan virus corona," ungkap Deru.

Diketahui, ada dua daerah di Sumsel yang berencana mengajukan pembatasan sosial berskala besar pada pemerintah pusat, yakni Kota Palembang dan Prabumulih.

Herman mengatakan sejauh ini masih melakukan kajian dan melengkapi persyaratan yang mesti dipenuhi sebelum diajukan kepada Kementerian Kesehatan.

"Kan PSBB ini harus jelas tempat-tempat yang harus di tutup, mana yang harus tetap buka, mana yang tutup, mana yang tutup sebagian. Tidak bisa asal tutup. Jangan sampai ada warga yang kelaparan," ujar dia.

Pemerintah pusat melarang masyarakat mudik ke kampung halaman pada Ramadan dan Lebaran tahun ini. Larangan mudik berlaku mulai 24 April dan ada sanksi bagi warga yang tetap memutuskan untuk mudik. CNN
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+
close