Iklan

Tembus 9.000 Positif Corona di RI, Sampai Kapan Akan Berakhir?

Monday, April 27, 2020, April 27, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T06:28:05Z

Jakarta, Indonesia - Total kasus positif virus corona Covid-19 hingga Senin (27/4/2020) pukul 12.00 WIB sudah mencapai 9.096 kasus. Lalu, kapan virus corona akan berakhir di Indonesia?

Berdasarkan riset Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) kasus corona akan habis di Indonesia pada 6 Juni 2020. Proyeksi ini menggunakan data hingga 25 April 2020.

Penelitian ini menggunakan model SIR (susceptible-recover-recovered) yang diregresikan dengan data berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara.

Dalam situs SUTD yang dikutip Senin (27/4/2020), data ini ini untuk tujuan pendidikan dan penelitian dan mungkin mengandung kesalahan. Data akan dimasukkan secara harian.
"Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Terlalu optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan seharusnya dihindari," tulis SUTD dalam situsnya.

Pada kesempatan berbeda, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk bekerja keras agar Juni sudah turun dan bisa hidup normal.

"Presiden (Jokowi) minta kita kerja lebih keras, lebih patuh, lebih disiplin agar pada Juni yang akan datang kita bisa turunkan Covid-19 di Indonesia. Juli diharapkan kita bisa memulai hidup normal kembali," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Doni menambahkan pemerintah terus mengusahakan berbagai langkah. Mulai dari memberikan imbauan kepada masyarakat dengan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti perihal jaga jarak, cuci tangan, hingga menghindari kerumunan.

Tidak ketinggalan, lanjut Doni, adalah tes masif pada bulan April-Mei, dilanjutkan dengan pelacakan agresif dan isolasi yang ketat.CNBC

Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+