Iklan

Pengertian Akuntansi Dan Tips Mengelola Keuangan Bisnis

Sunday, June 21, 2020, June 21, 2020 WIB Last Updated 2020-06-22T06:59:03Z

Aplikasi pengelola keuangan BukuKas merupakan sebuah aplikasi accounting yang sedang hits dan fenomenal. Banyak orang yang mulai mengunduh aplikasi BukuKas. Terlebih lagi BukuKas menjadi aplikasi gratis yang dapat diperoleh dengan mudah. Begitu pula dengan semua fiturnya. 

Aplikasi yang satu ini memang diperuntukkan bagi pelaku bisnis, khususnya para UMKM. Hal ini dapat digunakan supaya bisnisnya berjalan dengan baik dan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu pertama kali yang harus dipahami ialah dengan memahami arti accounting terlebih dahulu. Kemudian ikuti tips supaya bisnis kecil dapat menjelma menjadi bisnis besar. 

Pengertian Akuntansi 
Meskipun telah banyak orang yang mengetahui dan sadar dari manfaat buku tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui tentang pengertian accounting. Tidak ada salahnya pula juga memahami pengertian dari akuntansi sebagai sebuah pengetahuan dasar seiring seringnya penggunaan aplikasi accounting yang satu ini. 

Secara umum arti dari accounting adalah proses mencatat, mengklasifikasi, menyusun ringkasan, mengelola hingga menyajikan data. Baik itu data yang berhubungan dengan transaksi dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan keuangan. 

Semua hasil data yang telah diolah dapat digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan. Khususnya dalam membuat suatu keputusan dan tujuan untuk berkembang. 

Sedangkan untuk makna accounting yang jauh lebih spesifik. Accounting ialah suatu kegiatan mencatat semua transaksi keuangan secara komprehensif dan sistematis di dalam sebuah bisnis selama kurun waktu tertentu. 

Lalu ada pula pengertian akuntansi lainnya yang jauh lebih mendalam. Arti accounting yaitu proses merangkum, analisa, hingga melaporkan semua transaksi keuangan dalam sebuah bisnis. Transaksi yang dimaksud hanya transaksi yang melibatkan 2 pihak. Pihak pertama yaitu perusahaan itu sendiri yang berperan sebagai penjual dan pihak lain yang berperan sebagai pembeli. 

Tips Sukses Untuk Membuat Bisnis UMKM Menjadi Bisnis Besar 
Sebenarnya tidak ada sebuah tips khusus untuk membuat bisnis UMKM berubah menjadi bisnis besar. Hanya saja hal yang perlu dilakukan ialah tekun dan fokus pada bisnis yang sedang dijalani. Selain itu juga menjadikan usaha itu sebagai prioritas kedua di samping keluarga. 

Selain tekun dan fokus, harus dapat memisahkan antara uang untuk bisnis dan kebutuhan sehari - hari. Semua transaksi yang berhubungan dengan bisnis tidak seharusnya dicampur dengan uang untuk keperluan sehari – hari. Hal inilah yang menjadi kendala cukup besar dan kurangnya kesadaran untuk tidak memisahkan antara keperluan bisnis dan pribadi. 

Semua transaksi bisnis pun harus dicatat di dalam aplikasi pengelola keuangan BukuKas. Setelah itu lakukan pemisahan. Pertama untuk modal / capital. Kedua yaitu drawing / pirve / laba.

Itulah pengertian dari accounting dan peran aplikasi pengelola keuangan BukuKas. Sehingga kunci sukses dari sebuah bisnis yaitu terletak pada cara mengelola hasil transaksi itu sendiri. Dengan bantuan BukuKas dapat memisahkan antara modal dan laba dengan mudah. Lalu satu hal yang perlu diingat yaitu modal bukan uang pribadi, tetapi untuk bisnis. 
Komentar

Tampilkan

Terkini

SELEBRITI

+